1. Beras JM (20 kg)
Rp 0,00
2. Beras Selancar (20 kg)
Rp 0,00
3. Beras Topi Koki (20 kg)
Rp 0,00
4. Beras Lokal (1 kg)
Rp 0,00
5. Kedelai Bahan Baku Tahu dan Tempe (1 kg)
Rp 0,00
6. Jagung Pipilan (1 kg)
Rp 0,00
7. Cabe Merah Besar (1 kg)
Rp 0,00
8. Cabe Merah Keriting (1 kg)
Rp 0,00
9. Cabe Merah Rawit (1 kg)
Rp 0,00
10. Cabe Rawit Hijau (1 kg)
Rp 0,00
11. Bawang Merah (1 kg)
Rp 0,00
12. Bawang Putih (1 kg)
Rp 0,00
13. Gula Bermerek (PSM) (1 kg)
Rp 0,00
14. Gula Tidak Bermerek (1 kg)
Rp 0,00
15. Minyak Goreng merek Bimoli (1 kg)
Rp 0,00
16. Minyak Goreng merek Fortune (1 kg)
Rp 0,00
17. Minyak Goreng Makan (ex. Sawit) (1 liter)
Rp 0,00
18. Tepung Terigu merek Segitiga Biru (1 kg)
Rp 0,00
19. Tepung Terigu merek Lencana (1 kg)
Rp 0,00
20. Daging Sapi (1 kg)
Rp 0,00
21. Daging Ayam Broiler (1 kg)
Rp 0,00
22. Daging Ayam Kampung (1 kg)
Rp 0,00
23. Telur Ayam Ras (1 kg)
Rp 0,00
24. Ikan Bandeng (1 kg)
Rp 0,00
25. Ikan Kembung (1 kg)
Rp 0,00
26. Ikan Tongkol (1 kg)
Rp 0,00
27. Ikan Nila (1 kg)
Rp 0,00
28. Ikan Patin (1 kg)
Rp 0,00
29. Ikan Lele (1 kg)
Rp 0,00
30. Susu merek Bendera Gold (1 klg)
Rp 0,00
31. Susu merek Frisian Flag (1 klg)
Rp 0,00
32. Garam Beryodium (1 bks)
Rp 0,00
33. Gas LPG 3 KG (1 tbg)
Rp 0,00

INILAH PEMENANG LOMBA DESIGN MOTIF GAMBO MUBA 2020

No. -   -   -   Selasa, 03 Nopember 2020   266

INILAH PEMENANG LOMBA DESIGN MOTIF GAMBO MUBA 2020

INILAH PEMENANG LOMBA DESIGN MOTIF GAMBO MUBA 2020

Sejak dibukanya Lomba Desain Motif Gambo Muba pada tanggal 16 Juni 2020 yang lalu yang diselenggarakan oleh Dinas Perdagangan dan Perindustrian bersama Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Musi Banyuasin bekerjasama dengan Jawa Pos Group (Harian Sumatera Express), maka pada tanggal 30 Oktober 2020 Tim Juri telah menetapkan pemenang Lomba Desain Motif Gambo Muba Tahun 2020.


Lomba Desain Motif Gambo Muba merupakan salah satu upaya yang dilakukan dalam rangka mengembangkan produk unggulan khas Kabupaten Musi Banyuasin yaitu tenun jumputan Gambo Muba yang merupakan produk eco fashion yang ramah lingkungan serta menggunakan pewarna alami limbah getah gambir. 


Gambo Muba telah sangat dikenal luas oleh masyarakat, tidak saja dalam Kabupaten Musi Banyuasin, tetapi telah melanglang buana hingga ke manca negara merupakan icon ambassador industri kreatif Musi Banyuasin yang banyak diminati karena keunikannya. Oleh karena itu, untuk terus menjaga keberlangsungan produksi tenun Gambo Muba perlu dilakukan Langkah-langkah strategis agar produk Gambo Muba mampu bertahan dan mampu bersaing di tengah pasar dan pencinta produk kerajinan etnik daerah.


Sementara itu, Ketua Dekranasda Muba Thia Yufada Dodi Reza mengatakan bahwa komitmen Dekranasda Muba dalam mengembangkan produk unggulan Gambo Muba adalah untuk terus berinovasi dan menjalin kerjasama multipihak untuk meningkatkan mutu produk dan desain produk yang sesuai dengan kondisi terkini dan mampu menembus pasar global. Promosi produk Gambo Muba juga terus digencarkan meskipun di tengah pandemic covid-19 saat ini, diantaranya melalui media online dan platform market place dan e-commerce. Dekranasada Muba bersama Dinas Perdagangan dan Perindustrian ke depan akan membangun website resmi dan membangun model pemasaran e-commerce guna mendukung peningkatan penjualan produk kerajinan Kabupaten Musi Banyuasin termasuk produk unggulan Gambo Muba. Karena saat ini, model peningkatan promosi hasil kerajinan dituntut mampu beradaptasi dengan situasi apapun agar mampu bertahan dan bersaing serta meningkatakan kualitas produksinya, diantaranya dengan memanfaatkan teknologi informasi. Ke depan produk Gambo Muba akan kita pasarkan melalui platform market place dengan bekerja sama dengan Bukalapak, Lazada, Shopie dan lain-lain, demikian dijelaskan oleh Thia Yufada.


Plt. Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Musi Banyuasin, Azizah, S.Sos, MT mengatakan tujuan dilaksanakannya lomba ini adalah untuk menggali potensi pengembangan motif Gambo Muba sehingga diperoleh keragaman yang menjadikan Gambo Muba lebih diminati dan mampu bersaing di pasar nasional bahkan global. Azizah mengatakan Lomba Desain Motif Gambo Muba ini bekerjasama dengan Harian Sumatera Express dengan melibatkan Tim Juri yang berkompeten di bidangnya. Untuk Pemenang disediakan hadiah berupa uang pembinaan dan piagam penghargaan.



Selama pelaksanaan Lomba terdapat 93 karya yang masuk yang berasal dari seluruh Indonesia seperti dari Surabaya Jawa Timur, Jawa Tengah, Jogjakarta, dan Sumatera Selatan serta dari Kabupaten Musi Banyuasin sendiri. Dari 93 peserta yang lolos seleksi sebanyak 54 peserta. Adapun kriteria lomba adalah desain motif yang berbasis kearifan lokal, dapat dijumput dan diaplikasikan pada kain. 

Dewan Juri sebanyak 5 orang merupakan pakar yang ahli di bidangnya, yaitu Rory Wardana (Desainer dan ahli kain), Erwan Suryanegara (Budayawan dan Pakar Kain), Yudi Suhairi (Grafic, Desainer dan Anggota Kekraf), Sultan Iskandar (Tokoh dan Budayawan Sumatera Selatan) dan Rian (Sumeks).


Adapun pemenang lomba sebagai berikut :

Juara I : Liangriyoygya@gmail.com

Juara II : Nawawim172@gmail.com

Juara III : Hanifputri@gmail.com

Juara Harapan I : Budi.banilasmin@gmail.com

Juara Harapan II : tasyanalala@gmail.com

Juara Harapan III : yuniarooossari@yahoo.com


Pemberian hadian direncanakan akan dilaksanakan pada akhir Nopember 2020 melalui format virtual meeting.



Bupati Musi Banyuasin Dr. H. Dodi Reza Alex Noerdin mengatakan bahwa kita wajib mendukung pengembangan produk unggulan daerah seperti Gambo Muba atau yang lainnya, karena ini merupakan salah satu icon kebanggaaan Kabupaten Musi Banyuasin yang memiliki kekhasan tersendiri. Disamping itu, kerajinan tenun Gambo Muba telah terbukti memberikan kontribusi terhadap peningkatan pendapatan masyarakat khususnya para pengrajin tenun Gambo Muba. Ini sangat tepat mengingat saat ini pemerintah tengah mendorong pemulihan ekonomi rakyat melalui upaya-upaya peningkatakan kapasitas pelaku usaha, pemberdayaan masyarakat dan pengembangan sumber daya lokal. Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin akan memberikan dukungan yang optimal kepada pelaku usaha mikro kecil menengah baik dalam bentuk bantuan fasilitas usaha, permodalan dan perluasan pemasaran serta menggali potensi pengembangan melalui Kerjasama multipihak yang berkaitan dengan upaya menjaga eksistensi usaha masyarakat guna mewujudkan pemulihan ekonomi di tengah pandemic covid-19 saat ini.




Berita Terkait
  Sambutan
Bismillahirrohmannirrohiim. Assalamu’alaikum Wr.Wb. Selamat datang di situs resmi Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Musi Banyuasin. Website Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Musi Banyuasin merupakan media resmi yang menyajikan berbagai informasi terkait dengan pelaksanaan tugas pokok dan fungsi Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Musi Banyuasin yang berbasis teknologi informasi. Dengan adanya website resmi ini, diharapkan masyarakat luas baik dalam Kabupaten maupun di luar Kabupaten Musi Banyuasin dapat mengakses setiap informasi dan data yang tersedia dengan mudah, cepat dan akurat. Selanjutnya, diharapkan juga dengan media ini maka pelayanan publik di bidang perdagangan dan perindustrian khususnya di Kabupaten Musi Banyuasin dapat ditingkatkan dan menjadi lebih baik serta terpercaya yang pada gilirannya akan mampu mendorong peningkatan dan capaian kinerja dinas. Saran dan masukan yang positif dan membangun sangat diharapkan guna meningkatkan penyajian informasi dan pelayanan lebih baik di masa yang akan datang. Semoga website ini dapat menjadi salah satu media untuk mewujudkan pelayanan yang prima, handal, dan terpercaya kepada masyarakat luas guna mendukung visi Muba Maju Berjaya Tahun 2022. Terima kasih. Wassalamu’alaikum. Wr. Wb.
Agenda DAGPERIN
PENGUMUMAN
  Tautan