1. Beras JM (20 kg)
Rp 0,00
2. Beras Selancar (20 kg)
Rp 0,00
3. Beras Topi Koki (20 kg)
Rp 0,00
4. Beras Lokal (1 kg)
Rp 0,00
5. Kedelai Bahan Baku Tahu dan Tempe (1 kg)
Rp 0,00
6. Jagung Pipilan (1 kg)
Rp 0,00
7. Cabe Merah Besar (1 kg)
Rp 0,00
8. Cabe Merah Keriting (1 kg)
Rp 0,00
9. Cabe Merah Rawit (1 kg)
Rp 0,00
10. Bawang Merah (1 kg)
Rp 0,00
11. Bawang Putih (1 kg)
Rp 0,00
12. Gula Bermerek (PSM) (1 kg)
Rp 0,00
13. Gula Tidak Bermerek (1 kg)
Rp 0,00
14. Minyak Goreng merek Bimoli (1 kg)
Rp 0,00
15. Minyak Goreng merek Fortune (1 kg)
Rp 0,00
16. Minyak Goreng Makan (ex. Sawit) (1 liter)
Rp 0,00
17. Tepung Terigu merek Segitiga Biru (1 kg)
Rp 0,00
18. Tepung Terigu merek Lencana (1 kg)
Rp 0,00
19. Daging Sapi (1 kg)
Rp 0,00
20. Daging Ayam Broiler (1 kg)
Rp 0,00
21. Daging Ayam Kampung (1 kg)
Rp 0,00
22. Telur Ayam Ras (1 kg)
Rp 0,00
23. Ikan Bandeng (1 kg)
Rp 0,00
24. Ikan Kembung (1 kg)
Rp 0,00
25. Ikan Tongkol (1 kg)
Rp 0,00
26. Ikan Nila (1 kg)
Rp 0,00
27. Ikan Patin (1 kg)
Rp 0,00
28. Ikan Lele (1 kg)
Rp 0,00
29. Susu merek Bendera Gold (1 klg)
Rp 0,00
30. Susu merek Frisian Flag (1 klg)
Rp 0,00
31. Garam Beryodium (1 bks)
Rp 0,00
32. Gas LPG 3 KG (1 tbg)
Rp 0,00

DUKUNG PENGEMBANGAN INDUSTRI KERAJINAN DISDAGPERIN SIAPKAN DESA SENTRA INDUSTRI KERAJINAN TENUN JUMP

No. 2020-09-29 0830.01/DAGPERIN/2020   HUMAS   gambo, kerajinan, industri   Selasa, 29 September 2020   41

DUKUNG PENGEMBANGAN INDUSTRI KERAJINAN DISDAGPERIN SIAPKAN DESA SENTRA INDUSTRI KERAJINAN TENUN JUMP

DUKUNG PENGEMBANGAN INDUSTRI KERAJINAN DISDAGPERIN SIAPKAN DESA SENTRA INDUSTRI KERAJINAN TENUN JUMP
Tingginya minat masyarakat baik di dalam maupun di luar Kabupaten Musi Banyuasin terhadap tenun jumputan Gambo Muba telah berdampak terhadap peningkatan produksi dan pendapatan masyarakat khususnya pengrajin tenun jumputan Gambo Muba dalam kurun waktu 2 tahun terakhir ini. Bahkan dalam situasi pandemi saat ini, volume penjualan terjadi peningkatan yang cukup signifikan.
Untuk mengembangkan dan memperluas pemasaran produk kerajinan tenun jumputan Gambo Muba yang memiliki keunikan melalui pewarnaan alami yang berasal dari limbah getah gambir ini, maka Pemerintah Kab. Musi Banyuasin melalui Dinas Perdagangan dan Perindustrian merencanakan menjadikan Desa Ulak Teberau Kec. Lawang Wetan sebagai salah satu sentra industri kerajinan tenun jumputan Gambo Muba. Rencana menjadikan Desa Ulak Teberau sebagi sentra industri kerajinan Gambo Muba merupakan salah satu langkah strategis Pemkab Muba untuk mendorong peningkatan produksi, promosi dan perluasan pangsa pasar. Hal ini sesuai dengan arahan Bupati Musi Banyuasin Dr. H. Dodi Reza Alex Noerdin, Lic.Econ, MBA tentang upaya menjadikan Gambo Muba sebagai ambassador eco fashion dan icon Kabupaten Musi Banyuasin yang memiliki keunikan tersendiri serta dalam rangka mendorong peningkatan pendapatan dan pemberdayaan masyarakat.
Terkait dengan hal tersebut Plt. Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kab. Muba Azizah, S.Sos, MT turun langsung meninjau lokasi industri kerajinan Gambo Muba di Desa Ulak Teberau pada tanggal 29 September 2020. Plt. Kadisdagperin turun bersama Direktur Bank Sumsel Babel Cabang Sekayu Bapak Dedek beserta jajarannya, serta didampingi dari pihak Kecamatan Lawang Wetan dan Kepala Desa Ulak Teberau.
Azizah mengatakan bahwa dijadikannya Desa Ulak Teberau sebagai sentra industri kerajinan tenun Gambo Muba didasari atas pertimbangan bahwa cikal bakal tenun Gambo Muba memang bermula dari Desa Ulak Teberau. Tahun 2017 hanya terdapat 4 orang pengrajin jumputan Gambo Muba yang dibina oleh Disdagperin bersama Dekranasda Muba. Dan sampai dengan akhir tahun 2019 jumlah pengrajin meningkat pesat hingga mencapai 108 orang. Ini merupakan bukti bahwa tenun jumputan Gambo Muba sangat berpotensi untuk dikembangkan dan menjadi icon kebanggaan Kabupaten Muba. Selain sebagai sentra kerajinan Gambo Muba, Desa Ulak Teberau direncanakan akan dijadikan salah satu destinasi wisata budaya dimana nanti setiap tamu yang datang ke Kab. Muba dan berkeinginan melihat langsung proses pembuatan tenunan Gambo Muba maka dapat berkunjung ke Desa Ulak Teberau ini. Oleh karena itu, perlu dilakukan penataan lingkungan serta persiapan sarana prasarana pendukung yang memadai sehingga menjadi kawasan wisata yang menarik, indah dan asri tanpa menghilangkan ciri khas dan budaya asli desa ini, jelas Azizah.
Dalam kesempatan ini, Plt. Kadisdagperin Muba mengatakan persiapan pembentukan Desa Ulak Teberau sebagai sentra industri kerajinan tenun jumputan Gambo Muba akan berkolaborasi dengan Bank Sumsel Babel Cabang Sekayu sebagai bentuk kepedulian sosial melalui program CSR Bank Sumsel Babel. Sementara itu, Direktur Bank Sumsel Babel Cabang Sekayu Dedek, mengatakan bahwa BSB sangat mendukung upaya Pemkab Muba dalam pengembangan jumputan Gambo Muba. Kita sudah melakukan audiensi dengan Bapak Bupati dimana saat itu hadir langsung Direktur Utama Bank Sumsel Babel Bapak H. Syamsuddin beserta jajaran. Direkru BSB Cab. Sekayu menegaskan bahwa BSB tentu menyambut baik rencana ini dan siap berkolaborasi guna mendukung aktivitas perekonomian masyarakat terutama di tengah pandemi yang melanda saat ini. Kita akan selalu mendampingi dan mendorong pemulihan ekonomi masyarakat serta mendukung program-program prioritas Pemkab Muba ucapnya.

Berita Terkait
  Sambutan
Bismillahirrohmannirrohiim. Assalamuโ€™alaikum Wr.Wb. Selamat datang di situs resmi Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Musi Banyuasin. Website Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Musi Banyuasin merupakan media resmi yang menyajikan berbagai informasi terkait dengan pelaksanaan tugas pokok dan fungsi Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Musi Banyuasin yang berbasis teknologi informasi. Dengan adanya website resmi ini, diharapkan masyarakat luas baik dalam Kabupaten maupun di luar Kabupaten Musi Banyuasin dapat mengakses setiap informasi dan data yang tersedia dengan mudah, cepat dan akurat. Selanjutnya, diharapkan juga dengan media ini maka pelayanan publik di bidang perdagangan dan perindustrian khususnya di Kabupaten Musi Banyuasin dapat ditingkatkan dan menjadi lebih baik serta terpercaya yang pada gilirannya akan mampu mendorong peningkatan dan capaian kinerja dinas. Saran dan masukan yang positif dan membangun sangat diharapkan guna meningkatkan penyajian informasi dan pelayanan lebih baik di masa yang akan datang. Semoga website ini dapat menjadi salah satu media untuk mewujudkan pelayanan yang prima, handal, dan terpercaya kepada masyarakat luas guna mendukung visi Muba Maju Berjaya Tahun 2022. Terima kasih. Wassalamuโ€™alaikum. Wr. Wb.
Agenda DAGPERIN
PENGUMUMAN
  Tautan